Computer

Cara menghilangkan ads banner pada laman website

oleh Ekky Armandi • 30 Mei 2023

Ketika mengunjungi website dengan konten “gratis” kita sering kali melihat banner iklan yang terkadang menganggu secara visual dan bahkan mengarahkan kita pada situs lain ketika kita mencoba mengklik konten yang ada didalamnya.

Misalnya ketika kita mengunjungi situs seperti oploverz dibawah ini

![[images/cara-menghilangkan-banner-ads/Untitled.png|https://oploverz.top]]

Niat menonton anime malah diperlihatkan dengan banner-banner iklan yang tak jarang adalah situs judi online seperti slot atau gambar perempuan-perempuan sexy.

Beberapa waktu lalu saya menemukan sebuah Chrome Extension bernama Click to Remove Element yang menurut saya sangat berguna untuk menyingkirkan iklan banner pada situs favorit kita.

![[images/cara-menghilangkan-banner-ads/Untitled 1.png|Click to remove element Chrome Extension|center-image w-1/2]]

Artikel ini bukan sponsor atau semacamnya tapi murni karna memang ekstensi yang tersedia terbukti efektif untuk menghilangkan iklan banner.

Cara menghilangkan iklan banner cukup sederhana, kita tinggal menginstall chrome extension tersebut kemudian mengaktifkannya dengan cara diklik. Setelah diklik, select panel akan muncul pada bagian bawah kanan browser seperti gambar dibawah

![[images/cara-menghilangkan-banner-ads/Untitled 2.png|Click to remove element pada https://oploverz.top - gambar 1 dari 2]]

Selanjutnya tinggal memilih banner mana yang ingin dihilangkan dengan cara mengklik element html pembungkus banner tersebut, sebagai contoh saya ingin menghilangkan kelompok iklan banner pada bagian atas website, dan hasilnya adalah sebagai berikut

![[images/cara-menghilangkan-banner-ads/Untitled 3.png|Click to remove element pada https://oploverz.top - gambar 2 dari 2]]

Sederhananya ekstensi Click to remove element menggunakan CSS Selector untuk mencari element yang kemudian diberi attribute display: hidden agar element tersebut tidak tampak pada browser.

Selanjutnya, jika kamu ingin ekstensi Click to remove element tetap mengingat element yang kamu hilangkan ketika mengunjungi situs tersebut kembali kamu bisa mengaktifkan centang biru pada kolom “Remember?” atau kamu juga bisa meng-cancel target penghapusan yang baru kamu muat jika tidak sengaja menghapus elemen yang tidak dimaksudkan untuk dihapus dengan cara mengklik silang merah dibaris target pada select panel.

Setelah selesai menghilangkan banner yang tidak diinginkan, kamu bisa menutup select panel tanpa khawatir element yang sudah dihilangkan muncul kembali.

Berikut adalah CSS Selector pada Click to remove element untuk situs oploverz guna menghilangkan semua banner iklan yang menurut saya cukup mengganggu secara visual

  • #sidebar dibaca sebagai element dengan id=”sidebar”
  • #overplay dibaca sebagai element dengan id=”overplay”
  • [id*=teaser] dibaca sebagai element apapun dengan id yang mengandung kata “teaser”
  • [class*=popup] dibaca sebagai element apapun dengan class yang mengandung kata “popup”
  • .kln dibaca sebagai element dengan class=”kln”

Hasilnya adalah sebagai berikut ![[images/cara-menghilangkan-banner-ads/Untitled 4.png|Result]]

Kamu bisa mengklik element yang manapun kemudian memodifikasi CSS Selectornya sebagai berikut:

#sidebar, #overplay, [id*=teaser], [class*=popup], .kln, #fixedban, body > center

⚠️ Perlu diingatkan kembali, Click to remove element didalam artikel ini menggunakan browser seperti Chrome atau Brave. Saya tidak tahu apakah ekstensi tersebut juga tersedia untuk browser lain seperti Mozila Firefox dsb.

Semoga ini membantu!

Follow me on