RemoteWork

Freelancer vs Remote Worker

oleh Ekky Armandi • 03 Nov 2023

![[images/freelancer-vs-remote-worker/anastasia-nelen-a2JAUN80lAA-unsplash.jpeg|source: https://unsplash.com/photos/a-person-sitting-on-the-beach-with-a-suitcase-a2JAUN80lAA]]

Apa sih perbedaan antara istilah remote worker dengan freelancer? Bahkan beberapa startup terang-terangan menggunakan istilah tersebut sebagai nama untuk perusahaan mereka. Tujuannya mungkin supaya nama perusahaan mereka terasosiasi ketika istilah tersebut muncul. Padahal istilah tersebut sebenarnya digunakan sebagai identitas atau mode kerja untuk beberapa profesi.

Singkatnya freelancer adalah orang-orang yang menawarkan jasa mereka namun tidak ingin ada perjanjian yang terlalu mengikat seperti jam kerja atau keharusan untuk berada dikantor. Mereka adalah orang-orang yang ingin segera menyelesaikan pekerjaan mereka tanpa harus mengikuti aturan jam kerja sebagaimana kerja kantoran pada umumnya.

Sedangkan remote worker adalah orang-orang yang melakukan pekerjaan mereka secara remote atau jarak jauh. Beberapa perusahaan mulai memberlakukan remote work, dimana karyawan diperbolehkan dan mendapatkan kepercayaan untuk bekerja secara jarak jauh dimanapun mereka berada. Sedangkan beberapa lainnya memberlakukan remote work secara hybrid, dimana karyawan boleh melakukan pekerjaan dari jarak jauh namun dalam rentang waktu tertentu harus kembali dan bekerja dikantor.

Beberapa dari kita mungkin mengenal istilah remote work sebagai Work From Home (WFH) karena sering digunakan sebagai headline berita sepanjang pandemi Covid-19.

Sampai disini kita dapat menyimpulkan bahwa freelancer bukan lah remote worker, begitu juga sebaliknya. Jika dilihat dari mode kerjanya, freelancing ada yang dilakukan secara remote namun ada juga yang secara offline/onsite. Sedangkan mereka yang bekerja secara remote belum tentu seorang freelancer, bisa jadi mereka adalah seorang karyawan yang diperbolehkan untuk remote working. Freelancer adalah identitas profesi, sedangkan remote worker adalah mode kerja.

Semoga dengan ini kita jadi tidak salah mengartikan istilah freelance dan remote work.

Follow me on