Story

PyCon ID 2023

oleh Ekky Armandi • 25 Nov 2023

![[images/pycon-id-2023/A40882E5-6ECA-4772-B200-1CF99AD3EF97.jpg|Berpose bapack-bapack di PyConID 2023 photoboot hari ke-1]]

Beberapa waktu lalu komunitas Python Indonesia kembali menggelar acara tahunan Python Conference, kali ini acara menggandeng BINUS, Bandung. Setelah beberapa tahun sebelumnya tidak memungkinkan acara tersebut dilakukan secara offline — dikarenakan pandemi. Acara kali ini juga disiarkan secara online, sehingga yang belum bisa berpartisipasi secara offline masih dapat mengikuti acara secara online dari rumah dan dari komputer masing-masing.

Sebagai orang yang mengaku-ngaku Python Developer rasanya sayang sekali untuk tidak berpartisipasi langsung. Mengingat kapan lagi bisa mengikuti acara yang diadakan setahun sekali ini sekaligus ingin menjawab rasa penasaran ku tentang bagaimana dunia tech dan ragam orang yang terlibat didalamnya.

Setelah mengihuting budget dan berdiskusi dengan istri. Akhirnya kami putuskan untuk pergi ke Bandung sekeluarga, sekalian liburan.

Mungkin agak sulit untuk menggambarkan bagaimana dunia teknologi secara keseluruhan setelah acara Python Conference ini, setidaknya aku dapat insight tentang skill baru yang bisa ku pelajari untuk menunjang karirku sebagai seorang Python Developer dan juga freelancer.

![[images/pycon-id-2023/IMG_4600.jpg|Ilya Verbitskiy membahas tentang Solving Real-Life problems using Python and Graph Databases]]

Format acara adalah talks tentang perkembangan teknologi yang menggunakan Python programming serta implementasinya dalam menyelesaikan masalah dunia nyata. Dimana tiap-tiap pembicara adalah praktisi langsung dari dunia akademik maupun industri yang memang menggunakan Python programming dalam kajian akademik ataupun pekerjaan mereka.

Selama acara berlangsung aku hanya mengikuti kelas-kelas yang paling menarik minatku. Kelas dibagi jadi 8 sesi dan acara berlangsung selama dua hari dari tanggal 18-19 November 2023. Kelas yang kupilih, beberapa diantaranya sangat erat hubungannya dengan data. Meskipun sudah hampir tiga tahun bekerja sebagai Python Developer rasanya seperti selalu saja ada hal yang tidak ku ketahui tentang dunia teknologi ini. Alhasil, jadi ada banyak daftar hal yang ingin ku eksplor lebih jauh.

Apa yang bisa kubawa pulang setelah PyCon ID 2023 adalah daftar tools serta pengetahuan baru seputar Python programming, relasi baru, dan .. peyeum (ini oleh-oleh untuk mertua btw hehe).

![[images/pycon-id-2023/IMG_4597.jpg|View dari lantai 11 gedung Mall Paskal]]

Pengalaman ini mengobati impostor syndrom yang selama ini kurasakan sebagai self-taught programmer dan memberiku motivasi untuk terus belajar.

Follow me on