Freelance

Tips Pecah Telur di Upwork

oleh Ekky Armandi • 27 Okt 2023

![[images/tips-pecah-telur-di-upwork/timothy-exodus-P-t_ABQlPxY-unsplash.jpg|Tips Pecah Telur di Upwork]]

Bisa pecah telur dan mendapatkan pekerjaan freelance pertama melalui platform seperti Upwork dapat membuka peluang yang lebih besar untuk berkarir sebagai freelancer dan merupakan suatu keberhasilan karena sudah memenuhi syarat utama, yaitu: dapat job pertama di Upwork.

Singkatnya Upwork adalah freelancing platform, yang mirip seperti Fiverr, Freelancer, atau Fastwork, yang mempertemukan pencari kerja — atau si freelancer — dengan pencari pekerja — atau si klien — dari seluruh belahan dunia. Model bisnisnya adalah calon klien membuat iklan seperti “Saya sedang mencari bla-bla-bla” kemudian freelancer mengirim pesan yang disebut cover letter. Si calon klien kemudian akan melakukan seleksi, mengirim pesan, dan membuat kontrak jika kedua belah pihak setuju untuk bekerja sama. Kontrak akan memuat detail seperti: tugas yang harus diselesaiakan (requirements), nilai project (rewards), dan kapan pekerjaan tersebut harus selesai (deadline).

Mekanisme pembayaran akan dilakukan melalui rekening bersama. Dimana klien harus melakukan pembayaran didepan terlebih dahulu sebelum freelancer setuju untuk mengerjakan project nya dan freelancer baru dibayar setelah klien setuju bahwa project yang dilakukan selesai. Biasanya butuh waktu 5 hari untuk uang tersebut sampai ke rekening Upwork kita dan butuh waktu 3-5 hari kerja untuk sampai ke rekening Bank kita.

Mata uang yang akan diterima oleh pekerja adalah dolar (USD) dan karena platform ini digunakan oleh orang diseluruh dunia, maka bahasa utama yang digunakan adalah Bahasa Inggris. Sehingga mau tidak mau harus bisa dan mau belajar Bahasa Inggris. Minimal bisa di level komunikasi secara tekstual.

Adapun cara-cara yang bisa dilakukan supaya bisa pecah telur di Upwork adalah sebagai berikut:

  1. Perbaiki profile
    • Perhatikan dan perbaiki profile kamu, tidak perlu sempurna, asal deskripsinya jelas dan mampu menjawab pertanyaan: siapa kita?, apa yang kita lakukan?, dan berapa kita ingin dibayar per-jam nya?
    • Jangan pasang rate terlalu tinggi tapi bukan berarti terlalu rendah, coba mulai dengan nominal $7/jam, setelah kamu percaya diri kalau kamu sudah semakin jago, kamu bisa coba naikkan ratenya secara perlahan.
    • Tidak usah pusing tentang mengatur rate. Terkadang project yang kita dapat nilainya sudah jelas diawal. Dan biasanya, kontrak yang membutuhkan hourly-contract adalah project dengan task yang sifatnya repetitif, jangka panjang, atau batas waktunya tidak jelas.
    • Punya portofolio dapat menjadi nilai tambah supaya profile kamu dilihat klien. Atau kalau belum tahu caranya bikin portofolio kamu bisa membaca cara menulis portofolio yang benar disini dan contohnya dapat dilihat dari portofolio saya disini
  2. Perhatikan kriteria pekerjaan
    • Cari klien dengan budget yang padahal nilai projectnya tidak segitu. Misalnya katakanlah biaya bikin website yang harusnya $800 tapi dia cuma mampu bayar $200 di job yang dia iklankan. $200 bukan nilai kecil, tapi pasar membuat website tidak segitu. Hal seperti ini bisa kamu lakukan tapi tidak dianjurkan untuk dilanjutkan setelah kamu pecah telur.
    • Cari project yang bersifat urgent. Biasanya ditandai dengan tulisan As Soon As Possible (ASAP) atau “Must be done in 48 hours.
    • Cari project kecil atau entry level.
    • Cari project yang kamu confident banget kerjakan.
  3. Perhatikan poin pesan ketika membuat cover letter
    • Tulis cover letter yang todo the point. Seperti dibawah.

      Hello,

      I’m interested with this project. I have watched your video and attached a sample of list, please take a look and give me feedback if you would as I auto scrape them.

      I have been a web scraper for a long time, extracting millions pages on the internet.

      Time frame: I am available right now and if everything goes right, shouldn’t be take more than 6 - 8 hours, the target blocked quickly if detect bot.

      Please let me know if we can talk further. ** source: facebook.com

    • Submit dan lupakan, triknya sebar cover letter sebanyak-banyaknya.

    • Sisihkan modal Rp150,000-Rp300,000 untuk membeli connects buat jaga-jaga sapa tau connects kamu habis dan kamu masih harus mengirim cover letter lagi demi memperbesar peluang kamu. Jangan khawatir, setelah dapat pekerjaan, uang kamu bisa kembali yang penting kamu dapat pekerjaa dan kamu tidak harus menghabiskan connects yang kamu miliki sebelum project mu selesai.

    • Bisa berbahasa inggris dan menawarkan diri untuk berbicara melalui interview call dapat menjadi nilau plus. Poin ini tidak wajib, tapi saya berkali-kali memenangkan job setelah melakukan tahap ini.

Point diatas merupakan bentuk pengalaman serta pemahaman saya seputar memenangkan job di Upwork dan hal yang sangat saya anjurkan untuk diperhatikan oleh pemula. Dan perlu diperhatikan juga bahwa hal yang saya sebutkan diatas mungkin tidak bisa diterapkan untuk semua bidang. Saya hanya memberi gambaran bahwa ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapat pekerjaan pertama di Upwork.

Kalau kamu ingin mencari informasi dan berkoneksi dengan Upworker lain dari negara Indonesia silahkan gabung di Group Facebook Upworker Indonesia, biasakan untuk menggunakan fitur pencarian terkait topik atau keyword yang ingin kamu baca. Kalau kamu berdomisili di Jogja, kamu juga bisa gabung ke grup WA Upworker Jogja, terkadang Upworker Jogja mengadakan gathering sekedar nongkrong dan ngobrol atau coworking bareng di coffee shop.

Saya ingin sharing sedikit tentang bagaimana saya dapat job pertama di Upwork, dulu waktu saya baru mulai di Upwork hal yang saya lakukan untuk mencari kerja adalah dengan cara mengirim cover letter sebanyak-banyaknya untuk pekerjaan-pekerjaan yang bersifat urgent atau hal apapun yang menurut saya bisa saya kerjakan. Saat itu saya adalah “palugada” (apa lu cari gua ada) kind of a guy. Dan project pertama yang saya kerjakan adalah mengambar ulang wajah karakter Fall Guy menggunakan Adobe Photoshop dengan reward $25, gitu doang. Bahkan hal itu tidak ada hubungannya sama sekali dengan profesi saya saat ini.

![[images/tips-pecah-telur-di-upwork/job-post.png|Job Details dari job pertama saya di Upwork]]

![[images/tips-pecah-telur-di-upwork/Untitled.png|Respon klien]]

![[images/tips-pecah-telur-di-upwork/Untitled-1.jpg|Hasil yang saya kerjakan]]

Dolar pertama saya tersebut saya gunakan untuk membeli connects, semacam satuan unit untuk mengirimkan cover letter ke job lainnya dan demi memperbesar peluang saya mendapatkan pekerjaan berikutnya.

Demikian cerita dan tips pecah telur di Upwork dari saya. Semoga informasi ini membantu. Terimakasih sudah membaca.

Follow me on